Bantuan Dana HALIF yang Pertama

November 02, 2017


Pada tanggal 2 November 2017, HALIF (Himpunan Alumni Informatika) Sekolah Tinggi Teknologi Garut mulai mewujudkan niatnya untuk membantu adik tingkatnya, dengan menyediakan dana pinjaman bagi mahasiswa agar dapat mengikutu UTS (Ujian Tengah Semester). Bantuan tersebut dalam bentuk pinjaman selama maksimum dua bulan, diberikan kepada mahasiswa dengan syarat IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 2,75, tidak mengambil matakuliah ke bawah karena tidak lulus, serta memiliki tunggakan uang kuliah sehingga tidak dapat mengikuti UTS. 

Hingga hari ini, dana sumbangan alumni yang terkumpul di HALIF adalah sebesar Rp. 2,470,000 yang berasal dari 42 orang alumni. Untuk memaksimalkan bantuannya, HALIF mengalokasikan semua dana untuk membantu mahasiswa yang terhambat syarat biaya pendaftaran UTS. Berdasarkan data dari biro keuangan Sekolah Tinggi Teknologi Garut, terdapat 41 orang mahasiswa yang terancam tidak dapat mengikuti UTS karena belum memenuhi syarat pembayaran uang kuliah minimum. Total pembayaran uang kuliah minimum yang harus dibayarkannya adalah sekitar Rp. 37,331,600.

Hanya 20 orang mahasiswa saja yang memenuhi syarat bantuan HALIF. Total dana yang dibutuhkan untuk membantu semua mahasiswa tersebut adalah sekitar Rp. 17,864,000, berarti terdapat kekurangan sekitar Rp. 15,394,000. HALIF tidak dapat memenuhi kekurangan tersebut karena keterbatasan dana sumbangan dari alumni. Karena keterbatasan tersebut, penerima manfaat bantuan tersebut hanya dua orang mahasiswa dengan total bantuan sebesar Rp. 1,775,000. Sisa dana yang tidak terserap sebesar Rp. 695,000. Walau demikian HALIF bersyukur karena telah berusaha sebisanya membantu adik tingkatnya. 

Dana bantuan tersebut diserahkan HALIF melalui Leni Fitriani selaku bendahara Komite HALIF kepada prodi Informatika melalui ketua prodi Informatika. Selanjutnya staf prodi menyerahkan dana pinjamannya kepada mahasiswa yang meminjam di kantor prodi Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut.  

Bagian kemahasiswaan pada hari yang sama kedatangan sejumlah mahasiswa informatika yang menyatakan ingin memanfaatkan dana tersebut. Namun dijelaskan kepada mereka bahwa dana yang tersedia dari HALIF tidak cukup untuk membantu semuanya. Semoga saja ke depannya ada donatur yang mau membantu, atau ada alumni lainnya yang ikut berpartisipasi menyumbangkan dana agar lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat dibantu. 

Masih ada beberapa angkatan alumni yang belum berpartisipasi membantu almamater melalui HALIF yang mungkin saja disebabkan karena belum mengetahui adanya HALIF dan fungsinya bagi mereka. Yang pasti HALIF adalah medium bagi alumni Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam kaitannya dengan bantuan untuk almamater dan masyarakat, serta jejaring bisnis alumni. 

1 komentar:

  1. With instant-play platform, there is no a|there is not any} want for downloading the video games. The best payment solution for South Korea residents is e-wallet, significantly Skrill. It is preferable to open your Skrill account in EUR since the that} majority of gaming establishments accepts this foreign money while Korean Won is accepted solely by some regional casinos. This account might come in 온라인카지노 useful on various websites whenever you claim your welcome bonus. In order to entry live dealer video games by way of your cellular, {you want to|you should|you have to} have a high-speed web, probably 4G or WI-FI connection.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.